Breaking News
Loading...
Minggu, 12 Januari 2014

Fasilitas Desa

Fasilitas desa ditujukan untuk membantu kegiatan warga agar berjalan lebih baik. Berikut adalah beberapa fasilitas desa yang terdapat di desa Sokobanah Tengah:


  • Sekolah / Madrasah
Salah satu SD di Sokobanah Tengah

Fasilitas sekolah yang ada di desa Sokobenah Tengah ini terdapat di beberapa dusun. Ada fasilitas sekolah negeri yang di danai oleh pemerintah yang berada di dusun setiap dusun di Desa Sokobenah Tengah. Sekolah dasar negeri ini memiliki kondisi bangunan yang sangat parah, dengan kondisi kelas yang tidak memungkinkan dalam kegiatan belajar mengajar, karena untuk satu lokal kelas digunakan untuk duan kelas, jadi 1 sekolah terdapat 3 ruang kelas. Begitu pula peralatan yang ada disekolah itu tidaklah layak untuk dijadikan pendukung dalam belajar.
Adapun sekolah swasta yang berlatar belakang Islam yakni yang tidak cukup lengkap yaitu MI, MTs, MA. Keadaan bangunan sekolah tersebut masih masih cukup bagus, dan peralatan juga cukup, untuk kalangan siswa-siswa madrasah.

  • Fasilitas Umum
Jalan utama desa Sokobanah Tengah
 Kondisi fasilitas umum yang ada di desa Sokobenah Tengah seperti jalan desa kurang memadai sebab masih banyaknya jalan desa yang belum teraspal sempurna. Hal yang serupa juga terjadi di jalan perbatasan desa yang tidak teraspal sama sekali sehingga berbatu dan sulit dilalui, dan jalan yang berbatu yang begitu menanjak sehingga untuk akses menuju setiap dusun sangatlah sulit. Hanyalah jalan protokol saja yang menghubungkan desa yang sangat bagus, tetapi untuk menuju desun-dusun sangatlah tidak layak.

Dari penuturan kepala desa buruknya fasilitas umum seperti jalan di karenakan rumitnya sistem birokrasi serta proposal yang diajukan pada pemerintah daerah tidak langsung disetujui begitu saja. Selama ini jalan yang dilalui penduduk khususnya daerah perbatasan dengan desa lain masih swadaya dari penduduk sekitar.
Selain jalan, fasilitas umum yang dapat ditemui di Akkor Sokobenah Tengah yaitu masjid. Dengan kondisi masjid yang tidak begitu besar dan hanyalah sesederhana untuk kegiatan beribadah.
Adapun fasilitas umum yang berkaitan dengan kesehatan masih dikatakan kurang. Hanya ada polindes dan bidan desa yang semuanya itu ditangani oleh satu orang bidan saja.

Polindes Desa Sokobanah Tengah


  • Balai Desa

Desa Sokobenah Tengah sesungguhnya telah memilki balai desa resmi yang dibuat oleh pemerintah. Namun tanah yang didiami merupakan milik pribadi dari kepala desa. Karena kepala desa di Sokobenah Tengah turun temurun jadi balaidesa tidak dipindah kemana-mana. Kondisi balai desa tidak layak dan bagian-bagian unit dari setiap ruang-ruang balai tidak ada, contohnya untuk ruang sekdes dan kepala dusun saja itu tidak ada. Fasilitas pendukungnya pun juga tidak ada seperti komputer, lemari buku dan dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Desa Sokobanah Tengah All Right Reserved
Designed by CBTblogger