Breaking News
Loading...
Kamis, 30 Januari 2014

Sosial Ekonomi



Kondisi sosial ekonomi masyarakat desa merepresentasikan keadaan ekonomi masyarakat tersebut. Karakteristik masyarakat desa mencerminkan interaksi masyarakat yang ramah dan sopan. Masyarakat desa Sokobanah Tengah rata – rata berpencaharian bertani. Berikut rincian kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Sokobanah Tengah:

Pekerjaan
Pada umumnya pekerjaan mayoritas penduduk desa Sokobanah Tengah, adalah petani, peternak dapat kita temui juga pedagang sebanyak 10% dan 5% menjadi pegawai. Seperti pada kebiasaan masyarakat Madura yang tinggi jiwa petualangnya, di desa Sokobanah Tengah, pun banyak sekali penduduk yang mengadu nasib di luar Negeri yaitu Malaysia.
Di desa Sokobanah Tengah, ada juga terdapat beberapa peternakan ayam dan sapi yang masih perlu dikembangan lebih luas lagi, karena setiap petani, pasti memiliki ternak sapi. Ketingkat yang lebih tinggi dan maju karena kalau hanya menunggu hasil dari perternakan itu akan lama menunggu. Mungkin bisa membuat kerja sampingan lagi ataupun yang lain. Jadi tidak hanya berternak sapi dan ayam.

Status Sosial Ekonomi Pendidikan
Di desa Sokobanah Tengah, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan formal sangatlah tinggi dimana banyak kita jumpai fasilitas pendidikan yang memadai di desa ini. Tidak hanya itu kolaborasi antara pendidikan formal dan pendidikan agama  pun banyak ditemukan di sini, seperti banyaknya sekolah dengan latar belakang pendidikan agama, yaitu:
1.   TK yaitu sebanyak 1
2.   SD yaitu sebanyak 7
3.   MI yaitu sebanyak 14
4.   MA yaitu sebanyak 1
Latar belakang pendidikan warganya pun sudah banyak yang menyandang gelar sarjana dan beberapa persen lulusan SMA. Dengan mata pencaharian yang beragam, rata-rata pendapatan penduduk desa Sokobanah Tengah, yaitu ± Rp. 400.000 – Rp. 2.500.000 per bulan. Karena masih adanya penduduk yang tradisional, tingkat buta aksara di desa ini masih banyak dan didominasi oleh penduduk usia lanjut.

Opinion Leader
Adat istiadat, serta nuansa agama islam yang kental sangat dirasakan sekali ketika kami menginjakkan kaki pertama kali di desa Sokobanah Tengah. Banyaknya lalu lalang para pemuda-pemudi yang sopan dan rapi serta selalu mengadakan kegiatan pengajian yang rutin dan para pemuda-pemudanya itu lulusan dari pondok pesantren.
Adapun pola opini masyarakat desa Sokobanah Tengah dibentuk dari informasi-informasi yang didapat lewat para tokoh masyarakat yakni kyai dan dari turunan.
Tokoh Nasionalisme dan turunan adalah individu yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah opini publik terhadap suatu isu/ gejala. Sosok pemimpin yang sudah baik sangat di segani dalam masyarakat Sokobanah Tengah karena pemimpin yang sudah baik adalah pemimpin yang sudah bisa mengayomi dan mensejahterakan seluruh masyarakatnya. Adapun tokoh kyai yang paling disegani tetapi karena dari tahun-tahun sebelumnya leader di desa ini sudah turun temurun sampai sekarang.Adat istiadat, serta nuansa agama islam yang kental sangat dirasakan sekali ketika kami menginjakkan kaki pertama kali di desa Sokobanah Tengah. Banyaknya lalu lalang para pemuda-pemudi yang sopan dan rapi serta selalu mengadakan kegiatan pengajian yang rutin dan para pemuda-pemudanya itu lulusan dari pondok pesantren.

Potensi Konflik
Karena sangat besar sekali peran keturunan dan kyai dalam segala aspek kehidupan di desa Sokobanah Tengah ini, potensi untuk terjadinya konflik besar dapat dikatakan tidak pernah terjadi. Sistem kekeluargaan yang terjalin erat serta kearifan dan bijaksananya antara keturunan dari seseorang yang telah menjadi pemimpin yang baik dan kyai yang ada di desa Sokobanah Tengah dapat meredam dan mencegah segala konflik serta selalu mewaspadai konflik laten, meskipun menurut kepala desa pasti ada konflik dan akan segera mereda dengan sendirinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Desa Sokobanah Tengah All Right Reserved
Designed by CBTblogger